Tuesday, May 15, 2018

We are Homeschoolers (?)

Don't force your kids, but encourage them.

Karena katanya, kalau anak resah, mereka ga akan mampu berpikir jernih jadi... mau ajarin apapun ga masuk. Bisa seperti buntu otaknya.

I may say that.. we are homeschoolers. But we're not that far yet. Masih keteteran sama tugas rumah tangga, masih suka terdistraksi sama adiknya si kakak yang nangis.

Jadi... tema belajar kita ga jauh dari hafalan quran dan baca iqro. Karena hafalan quran itu bisa dilakuin sambil ngapain aja. Sambil main, sambil santai pun sambil serius ketika abis sholat.
Kalau baca iqro.. alhamdulillah udah ada iqro nya. Kalau alphabet sebenarnya media nya banyak... tapi, entah kenapa my little Basimah cepet banget keganggu konsentrasinya. Kayak ga bisa sebanyak pas hafalan huruf hijaiyahnya.

MasyaAllah.
Baru iqro dua aja udah menguji kesabaran banget. Anaknya ga bisa duduk tenang, posisi duduknya kadang sambil nungging, tiduran, baca sebaris nengok keyang lain hihihi... insyaAllah tetep ngingetin sebenernya harusnya duduknya rapih kan karena lagi nuntut ilmu... eh tapi inget juga anaknya baru mau 4 tahun. Dia mau baca satu halaman aja udah masyaAllah.

Hafalan.. alhamdulillah udah sampai al-kafirun. Mungkin ini masiiiiih jauh banget ya dibanding anak-anak lain yang hafalannya udah jauh... tapi i just don't want to rush her. Mau biar dia kebiasa dulu sama qur'an. Suka dulu

Another target is... screen time cuma malam saja. Udah sukses dua hari. Hehehe alhamdulillah

Moga Allah mudahkan dan beri berkah urusan kita semua. Aamin allohumma aamiin...

Friday, March 09, 2018

Abdullah di khitan

Abdullah itu baru mau 15 bulan hitungan kalender syamsiyah. Untuk orang Indonesia, anak umur segini bila di sunat masih terlalu dini. Kenapa ada pertimbangan sunat dari kami orang tuanya? Karena ini sunnah nabi, kedua khawatir kalau Abdullah di khitan ketika agak besar akan menimbulkan trauma, ketiga kebetulan lagi ada program sunnat masal yang diselenggarakan oleh sebuah SDIT di Cimahpar dalam rangka memeriahkan acara „Semarak Anak Shalih“.

Sunat masal tersebut di tawarkan juga kepada penduduk setempat, jadi mesti daftar biar dapat kuota khitannya. Hehe.. pas di kasih tau abang ada program ini, saya langsung “eh iya boleh tuh”. Terus Abang bilang “ yaa tapi paling abis itu gak bias pake pempers. Kamu paling agak repot di bagian itu nya sih. Tapi ini laser kok jadi cepet kering insya Allah”. Pas dijelasin bagian ini jadi agak jiper juga. Jadi sampai sebelum hari H keputusan iya engga nya juga on off gitu dari kita. Beberapa kali cuma jadi waiting list karena keputusan kita maju mundur, iya enggak iya enggak. Haha..

Waktu Andung nya dikasih kabar soal ini, komentarnya „wah gapapa tuh? Bunda sih oke oke aja kalau emang nanti buat kesehatannya gak apa-apa“. Dan komentar-komentar setelahnya adalah „kak mau di bikinin nasi kuning gak? Buat di bagi-bagi ke tetangga-tetangga. Jam berapa sunatnya? Bunda mau dateng“. Typical my mother, panic yet she’s so lovely selalu banget harus detail tentang segala sesuatunya, kok ya gak nurun sama Ummi nya Asiyah ya? Hahahahahahahahaha

Singkat cerita Abdullah tetap datang aja pas hari H and it was 17th Feb, insyaAllah dapet kuota kata panitia nya. Singkat cerita pula Jiddah, Ibo Buyut, Om Musa dan Tante Manal nginep dari Sabtu malamnya. That night was full of love and laugh soalnya mereka udah kangen beraaaaat sama Asiyah Abdullah lantaran lama banget gak jumpa.

Di Hari H, Asiyah gak ikut. Tinggal di rumah aja sama Jiddah. Tadinya Andung mau datang pagi jagain Asiyah kalau-kalau Jiddah gak jadi dateng, tapi alhamdulillah Asiyah jadi ditemenin Jiddahnya. Hati saya hari itu sih engga deg-degan yang gimanaa sih alhamdulillah. Tapi tetep khawatir yaa, itu kan semacam operasi kecil, semacam tindakan bedah dari dokter. Singkat cerita saya ikutan masuk di ruang tindakan. Tadinya cuma ngintip, eh tapi akhirnya tim dokter minta supaya saya pegangin tangannya Abdullah.

Nangis? Jangan ditanya. Dari ditidurin di tempat tindakan juga dia udah nangis. Hahahaha saya masih ngintip aja tuh ya.. terus pas di bius juga masih ngintip, saya juga lupa sih dari kapan saya megangin tangannya abdullah. Soalnya pas ngintip aja saya juga mondar mandir di ruangan tindakan. Macam yang cemas-cemas gitulah. Nah pas udah pegangin, udah gak focus lagi liat “lagi diapain Abdullah” tapi focus liatin mukanyya meraung-raung sambil ajak ngomong “sebentar yaa Abdullah yaaa”, “nanti main yaa sama kakak Asiyah yaaa”, terus ada moment-moment Abdullah malah jawab saya sambil nangis teriak “yaaaa aaaa”. Itu lucuuuu sih tapi kesian tetep. Tapi kok yaa bisa-bisanya dia balesin omongan saya cobaaa…. Ini bikin saya jadi agak tenang. Plus pembawaan dokter nya juga nyantai. Yang pucat adalah Aba nya. Yaiyalah dia liat dari awal diapain dan liat step-step pengerjaan nya right in front of his eyes from the very beginning sampai selesai!

Jadilah... disunat. Selesai sunat masih nangis. Perjalanan pulang sekitar setengah jam juga nangis. Bagian yang habis disunat juga dibuka lebar aja gitu. Dipakein kassa sama plester sih sama dokternya. Tapi ha dititupin apa-apa lagi karena pikiram kita pasti kan sakit amat yaa kalo kena pempers atau celana. And for your infooooo, right before Abdullah was called to enter the room, ganti baju gamissss biar makin ganteng dan ini passs banget abis sunat kan "ngablak" jadi adeem deh tu pake gamis panjang. Hehehe

Akhirnya setelah nangis terus he could take a nap ada mungkin sejam dua jam. Bangunnya karena pipis. Muncrat plus kayaknya perih ya masih jadi nangis deh, trus bangun. Gak lama pipis lagi, sakit lagi. Akhirnya biar ga muncrat dan kemana-mana dan ketutup juga bagian lukanya takut kena debu, dipakein cloth diapers. Pas pipis, dia nya ga nyaman.. karena kebetulan inner cloth diapers nya bukan yang sesuai deh seigetku. Jadi membasahi lantai tetep. Dan ini bikin ga nyaman Abdullah. Akhirnya kita putuskan tetap pake pampers karena Abdullah nya juga udah mau jalan, udah mau main. Kirain dia bakalan di kasur ajaa gitu maunya karena nahan sakit. Taunya jrrrengg kayak ga abis sunat except dia pas pipis sakit jadi ada moment dia pas pipis jadi agak gemeter naham sakit huhu...  dan gerakan dia jadi agak hati-hati gitu.

Pengobatan dan perawatan
Kami diberi tiga macam obat, untuk bengak, nyeri dan antibiotik. Ngasih obat cukup challenging yaaa... macem-macem cara deh. Dari dimasukin ke nasi, dicampur sama sirup doank, teteeep namanya ngasih obat yah.. susaaaah.. hehehehehe

Terus... bagian lain yang susah adalah.. ganti kassa!! Kebayangkan kalo kassa ga diganti2.. pipis yang ada di pampers aja malesin yaa... apalagi ini deket-deket lukanya.. pipis banyak bakteri juga kan lagian. Nah bagian ini masyaAllaaah... Nangisnya udah kayak pas lagi di sunaaaaat. Kaki saya tuh sampe megangin badannya. Jadi badan Abdullah tuh terlentang nya miring, jadi kaki saya yang kiri niban badannya yang atas, kaki kanan niban kaki2nya. Kadang Asiyah ikut bantuin pegang tangan atau kaki. MasyaAllaaah, terus dia juga yang bersihin bekas kassa yang lama trus buang ke tempat sampah. Duh tanpa Asiyah, saya bakalan lebih galau lagi ngeganti kassa perban adeknya 😄 baarokalloohu fiik yah Naaaak.. Asiyah temen paniknya Ummi, temen senang, temen liat emosi Ummi yang macam-macam, subhanallooh.. pokonya setiap buka pampers tuh Abdullah kayak udah tau nau diapain, jadi dia nangiss atau langsung duduk hehehe

Selebihnya ga ada cara khusus. Katanya jangan dimandiin selama 3 hari. Tapi setelahnya gapapa. Memang pas saya liat, setelah 3 hari itu udah kering. Hari ke empat ke lima udah lepas kassa. Lebih lega juga kayaknya dan anaknya ga mesti meraung-raung melulu. Oiya... lepas kassa juga karena kayak pernah kekencengan mungkin yaa, jadi keliatannya bengkak. Tapi allohu a'lam bengkak apa engga. Dan, kalau misal pas lagi poop, tetep di bilas pakai air tapi lumayan hati2 buat bagian depannya. Karena kalo kena lumayan ngilu juga kayaknya yaaa...

Begitulah perjalanan khitan Abdullah. Bersyukur banget pas liat sekarang dah kering. Dan ternyata untuk jadi keringnya gak lamaa prosesnya alhamdulillah. 3-4 hari udah enakeun, bisa mandi, bilas-bilas..Anak 15 bulanku udah bujang hahahaha.

Thursday, March 01, 2018

Make the most of it, Mom!

Being a mom plus a housewife is a huge and great deal. Or at least it is for me. A lot of things going on right after you open your eyes in the morning. What are the stuffs going on? Only mother can tell. This makes me learn about… being a full of patient person which I think I will never be. But I am hoping, I’ll become that person someday. Dan percayalah.. kalau kita gak minta sama Allah supaya diberi sabar yang banyak. Kita gak bakalan pernah lulus dari ujian sabar.

Sabar is not easy for you when you have two mobile toddlers who like messing around, being so loud as if they can do that all the time and… they love being outside the door, which I mostly don’t like. Because it takes a lot of effort and I think it’s somewhat time waste. Hahaha. Kenapa kayak buang-buang waktu? Ya bayangin aja ya.. sama kerjaan rumah yang kita (saya dan anak-anak) di dalam rumah aja belum tentu kelar. Dan ga sedikit moment yang Asiyah harus nemenin adiknya main karena saya nya nyuci baju, masak, doing the dishes atau hanya bebersih. Asiyah helps me a lot masyaAllah. But a lot of times I put her down huhuhu and trust me, everynight I wish I will do better on the next day ☹

Jadi kayaknya saya kepingin lebih sering ajak mereka main di luar walaupun cuma main bola sama-sama. Atau ke tempat jualan sayur yang agak deket dari rumah karena anak-anak ini masyaAllah jam 6 aja udah pada melek binggo. Jadi Aba nya berangkat kerja udah pada dadah-dadah kasih dukungan moral ke Aba nya.

Jadi ibu itu bener-bener di uji banget sama gimana hati tetap damai dan tenang setiap liat anak-anak yang awalnya main terus berantem. Jadi, anak-anak juga ngerti pesan yang mau kita sampein. Dan what I did mostly is blaming my eldest daughter and this is a mistake. Absolutely a mistake. Adiknya yang baru 15 bulan belum mengerti betul bagaimana cara nya main. Anak umur segitu baru aja exploring things, mau nya rebut, gak mau gantian, mau nya cuma buat dia aja mainannya, kalau minta harus banget dikasih. Hahahaha dan sikap-sikap ini bentrok banget sama kakaknya yang udah tiga setengah tahun. Udah tau gimana cara nya gantian main, walaupun kalau lagi main sesuatu juga gak mau direbut, karena buat mereka rebut itu gak boleh kecuali udah nanya “boleh ya aku pinjem?”.

Jadi saya lebih harus pintar-pintar cari cara agar pesan moral tentang akhlaq yang baik itu sampai kepada anak-anakku. Tentang titel bagi seorang ibu yaitu “madrosatul ulaa” atau “madrasah pertama” untuk anak itu buat saya adalah hal yang berat. Sangat berat. Saya harus kontrol emosi, ucapan, perbuatan, bagaimana handling masalah jadi emosi saya yang keluar di hadapan anak itu juga gak buat anaknya panik karena mereka beneran penyontoh nomor satu, dan bagaimana they don’t copy my bad sides. Gimana coba itu caranyaaa????

Being a 24/7 mom is a dream for me and it comes true alhamdulillah. But I am not yet proud of myself karena masih banyak compang camping kanan kiri sama kerjaan ini. Masih banyak hal yang harus diperbaiki dan ini dari sisi saya.

Mom, you have a job that you will NEVER EVER get fired from. Make the most of it, stay content, peaceful, happy and be kindest person on earth as much as you can. Your kids will happy as long as you are happy, and they will share the positive energy if you also show the same thing, so be positive!

Saturday, December 30, 2017

terus........

Bismillaah...

Maasyaa Allaah.. udah lama banget gak nulis blog yah. Kangen loh padahal. Banyak tulisan yang di save di drafts terus di saaaave aja gak diterusin karena keburu ilang ide nya, karenaaa pas nulis eh harus berhenti, eh harus berhenti lagi.

Kali ini... saya mau nulis tentang apa ya... about my current feeling kali ya. Tapi jadinya campur aduk, tapi saya coba untuk tetap menulisnya dengan gambaran yang jelas.

Dulu ketika masih di Berlin, saya tuh sebenernya punya keinginan untuk gak tinggal di Jakarta. Gak tau kenapa. Mungkin juga karena macet, mungkin juga karena apa-apa pada mahal, banyaknya gedung-gedung aja... susah cari yang asri-asri... bisa jadi loh ya... karena belum ngerasain-ngerasain banget macet yang dalam beberapa tahun terakhir tuh kayak makan pagi siang sore, misal kita keluar rumah pasti macet. polusi nya juga aduhai. Suami asli tasik, sempet nyeletuk "kita di rumah tasik aja bang". hehe...

Tapi Abang pas pulang ke Indonesia for good itu punya beberapa rencana start up yang qodarullah belum bisa di jalankan, belum ada celahnya. Jadi, kita coba ke usaha kuliner. MasyaAllah gak nyangka banget malah kayak... lumayan gitu. Yang kita pelajarin, makin unik, makin jarang, orang tuh pasti nyari. Intinya asal kreatif. hehe....

Sempet nyesel kenapa dulu gak mendalami semacam design yah. Dulu cuma seneng edit foto doang cuma design nya engga. Softskills itu perlu banget ya... disamping gelar yang udah diraih. Apalagi perempuan. Mending ngerjain sesuatu dari rumah aja daripada keluar-keluar rumah gitu... Moga Allah mudahkan bagi kita ya... perempuan yang mungkin memang harus kerja, dimudahkan Allah, dibukakan Allah jalannya supaya tetap dari rumah ngerjain kerjaannya. Home office kalo mau agak kece bahasanya.

Terus... pas udah di Indonesia tuh keinginan kami juga untuk dekat sama lingkungan sunnah. entah rumah, entah kontrakan. Pokoknya yang ke kajian gampang. Karena kan dulu kami tuh cuma bisa liat youuuutuuuubeee aja yah. MasyaAllah. mau juga donk ngerasain hikmah kalo dateng langsung.

Terus... ada keinginan juga buat bikin daycare. Cuma kok karena Asiyah dan Abdullah masih kecil, gak mungkin banget kayaknya kalo saya yang pegang kan ya...... terus beluman cari-cari info detail. dari guru, apa aja yang diperluin, standard nya gimana.. intinya masih mimpi. Karena terinspirasi dari daycare nya Asiyah dulu. Kok kayaknya keren banget masyaAllah.

Terus selama kurang lebih 10 Bulan di Jakarta, kami tinggalnya masih kadang di Jiddah kadang di Andung. Buat kami yang pernah tinggal sendiri tuh rasanya... bukan gak nyaman atau apa ya... berasa aja ada yang beda... ini mungkin akan saya bahas detail nanti. nantiiii... hehehehe

Terus sekarang lagi sibuk pindahan... excited sama tempat baru.. dimana tempat nya... masih rahasia... hehehe.... biar seru pas beneran udah netap di tempat baru ini diceritainnya....

mohon doanya supaya Allah mudahkan jalan kami.. kalau kata Abang "kita liat mana yang di mudahkan Allah saja". mudah2an tempat ini yang terbaik. ah... pokonya exciteeeeeeeeeeeeeeeeeeed masyaAllah...

Friday, November 03, 2017

Mencetak Generasi Rabbani

I currently read a book from Ummu and Abu Ihsan Almaidany with the title "Mencetak Generasi Rabbani". Mungkin telat banget yaa baru baca bukunya sekarang hahaha. But it really is a great book masyaAllah!!! baru baca kata pengantar nya ajaa belom isinya, udah jleb jleb jleb!

lagi searching-searching worksheet buat Asiyah. Niatnya sampai saat ini masih Homeschooling. Walaupun saya kayaknya masih kurang kesungguhan, kesiapaan mental dan fisik nya, tapi mudah-mudahan Allah mudahkan. 

Baru aja liat homeschooler blog, amuslimchildisborn sama imanshomeschool. Dua website homeschooling ini produktif banget ngepost detail tentang homeschooling- nya masyaAllah. Kebayang gaa ibu-ibu homeschooling masih bisa share ilmu dan pengalaman. MasyaAllaaah... baarokalloohu fiik...

Sebenernya bingung mau ngepost apa ya. Kayaknya pingin aja ngetik sesuatu terus di post. hehehe emak-emak yaaa... emang deh

Ilmu itu bener-bener harus dicari ya masyaAllah. Ilmu agama loh! soalnya hanya itu yang bikin hati yang goyah jadi mantap, hati yang gundah bisa perlahan mereda karena ingat Allah itu Maha Penolong. 

Mudah-mudahan kita semua bisa jadi orang tua-orang tua yang solih solihah supaya bisa mencetak generasi yang solih-solihah yang lulus di mata Allah, Rabb-nya manusia.
Apalah penilaian manusia terhadap kita ya kan............

inget..... islam datang dalam keadaan terasing, dan kembali dengan keadaan terasing pula. jadi kalau gaya kita agak kurang modern, biarlah....... yang penting semoga Allah beri kita hidayah agar selalu istiqomah.

aaamiin Allohumma aaamiiin.....

Sunday, August 20, 2017

Dapur Coppistrasse on HaloIbu's Event

20 August 2017

Our Lasagna Cupcakes were on HaloIbu's event #lingkarankita, a family playdate with fun activities. Ada playground dan mainan-mainan seru lain yang Asiyah kelilingin gak berenti-berenti. Berenti nya pas lagi istirahat nyemil makanan dan bikin Tie Dye Art dari Tissue bareng Tante Astrid. Ada juga buat flower crown cuma kita gak sempet ikut karena kepingin biar nemenin Asiyah aja yang asik kesana kemari eksplorasi mainan.

Hari ini jam 3 pagi, kita udah start bikin 40 Lasagna Cupcakes buat acara tersebut. My expectations from the days before is.... Abdullah bobok di jam ini, tapi ternyata...... dia bangun sodara-sodara! hahahaha but alhamdulillah Abdullah anteng liat Aba nya rolling puff pastry sampai Ummi hampir selesai masak dagingnya. Hihi... pas nengok ke kamar eh ternyata kakaknya bangun juga.......

Alhamdulillah mereka kalem. Masya Allaaaaah kok bisa ya? kuasa Allah banget ini..... alhamdulillaaaah...... gak lama Abdullah ketauan poopoop jadi harus ganti pampers gak lama dia bobok.. terus Ummi udah lumayan beres Asiyah minta mandiii!!!! woooow... abis mandi Asiyah bobok... Lasagna Cupcakes hampir beres, Asiyah bangun dan sarapan... uuuh rasanya tuh bangga bangeeet masyaAllaaah... kok ngerti banget sih ya... Allah bener-bener kasih jalan, rezeki anak-anak yang pengertian... alhamdulillaahilladzi bini'matihi taathimushshoolihaat...

Sampai di Club Kembang anter makanan sekalian kita ikut acaranya juga, Asiyah udah on dari jam 8 pas kita sampe, sampe akhirnya udah tanda-tanda k.o, jam 11 kurang udah di jalan pulang dia pun tertidur.... alhamdulillah

Asiyah tuh..... anak perempuanku yang as sweet as candy! kepinginnya i write all the things she said deh, i wish i could! celotehannya itu loh...... masyaAllah....... apalagi di ajak diskusi tuh bisaaa banget, basically dia nurut. Cuma yang namanya toddler yah, kadang suka iseng, dibilang jangan dia tau gak boleh tapi teteeeep aja dikerjain hahahaha menguji sabar emak bapake. Gak bisa diem, aktiiiiv eksplorasi sana sini, tanya sana sini. alhamdulillaaah...

Abdullah yang makin hari kok kayak gede bangeeet hahahah asal liat orang makan ngeliatin dan kadang dia nganga juga, Klo gak dikasih-kasih "rrrgggh rrghhh" ngasih sinyal supaya dikasih ahahhahaha.

Dan Suamiku. A strong man i can always count on. I can't imagine if i share the rest of my life with someone else, he is more than a husband i could ever ask for.wkwkwkwk #tumbensweetbegini

ini dari tadi nulis pake hashtag gara-gara lebih sering nulis di Instagram kayaknya ya... hhahahaha

Monday, August 14, 2017

Bisnis Baru

It's been a while since my last post here. Hehehe...

Alhamdulillah after we landed here in Indonesia for already about 5 months, many things happened. Alhamdulillah. The businesses my husband wanted to run here, ternyata tidak bisa direalisasikan karena satu dan lain hal but most of because the situation here is not suitable anymore. Suitable IF we have huuuuge amount of capital.

After one another circumtances, akhirnya tercetuslah untuk bisnis bikin Lasagna. Bisnis dengan kata lain jualan. Hihi.. bahasa kerennya mau jadi entepreneur. Jiee... pernah jualan baju anak, nangkring di depan rumah semacam jagain toko. But then, gak berlanjut juga karena kayaknya things were not under control for the kids.

Kenapa jualan? Because we do not want my husband working at any kind of office outthere... starting business is one of our planing for the future. Bisnis apapun. Jualan bajukah, jualan makanan kah.. anything. Alasannya banyak... tapi buat saya pribadi, saya lebih suka suami saya yang punya kerjaannya. Menghindari ikhtilat, bisa atur waktu untuk keluarga, atur waktu untuk ibadah, dan mudah-mudahan nantinya bisa membuat lapangan pekerjaan untuk orang lain. Aaamiiin...

and it's funny how the things are going and i am beyond blessed and gratefull everytime I cook together with my husband. We are working together!! Seneng bangeeet masyaAllah. Kalau sekarang sih masih bisa sambil jagain anak-anak alhamdulillah. Asiyah dan Abdullah pun udah mulai besar, jadi bisa main bareng ataau Asiyah bisa jagain adeknya. Alhamdulillaaaah Alhamdulillah Alhamdulillah

if you are happen to see this post, please kindly check our instagram account @dapurcoppistrasse
and if you are in Jakarta dan sekitarnya, bisa whatsapp kami untuk pesan menu-menu kami yaaaaa