Wednesday, September 07, 2016

Hamil 26 Minggu

Alhamdulillah usia kehamilan sudah 26 minggu 2 hari. Hehehe.......

hari ini pulang dari dokter seneeeeeeeeeeeeeeeng banget rasanya masya Allah, subhanalloooh, Allahu akbar. Kenapa? Karena setelah test diabetes, hasil nya negativ. hehe. Dulu pas Asiyah saya kena diabetes hamil. Gula darahnya melebihi batas setelah 2 jam minum air gula.

Jadi di Jerman ini yang saya alami kalau hamil. Harus langsung kasih tau ke dokter perempuan. Telfon bikin janji ngejelasin saya hamil dan mau periksa. Nanti dikasih waktu kapan harus datang, trus kalau memang positif hamil, ada janin keliatan pas di usg, akan di kasih slot waktu pertemuan-pertemuan selanjutnya. Dan semuanya di catat di satu buku "Mutterpass", "Buku Ibu". Di buku tersebut semua pemeriksaan dari tekanan darah, berat badan, periksa tentang virus-virus apa aja yang udah dijalanin di catat rapi. Jadi kemana-mana bawa Mutterpas, atau yaa kalau pas periksa hamil bawa deh bukunya. hehehe

Nah test tentang gula darah ini adalah salah satu prosedur normal yang di jalani sama ibu hamil. Ada yang minum gula 50 gram gula, atau 75 gram. Yang 75 gram biasanya di tawarkan kepada ibu hamil yang punya riwayat diabetes atau punya keturunan diabetes.

Saya sendiri karena nenek itu mengidap diabetes dulu, jadiii dokternya kasih saran ambil yang 75 gram.
rundownnya.
1. dari midnight sampai ditempat periksa gak boleh makan minum karena mau diperiksa berapa gula darahnya kalau pas "puasa".
2. nanti setelah nilai gula darah yang pertama di nilai, bakal disuruh minum air gula. Nah ini adalah tenggakan pertama setelah puasa semaleman yaaa.
3. setelah satu jam minum air gula tersebut, nilai gula darahnya di nilai lagi.
4. setelah dua jam minum air gula yang tadi di step 2, nilai gula darahnya di liat lagi.

Tadi dari 3 nilai gula darah saya, semuanya dibawah batas maksimum. Jadi alhamdulillah gak kena. Kalau nilai gula darahnya tinggi, diluar dari batas maksimum maka bumil harus ikutan penyuluhan diabetes. Dari mulai jaga makan dan mencatat makan apa aja disetiap waktu makan, terus selalu nyatet berapa nilai gula darahnya disetiap waktu makan. Yang ditusuk-tusuk itu loh, trus nanti darahnya dimasukin di alat. Naaah alat-alatnya ini semuanya gratis dibayarin sama pihak asuransi. hehehe

Ada beberapa pemerikasaan masa kehamilan yang di "bayarin" pihak asuransi. Disini asuransi wajib sih ya.... jadi susah kalau gak mau gak pake asuransi.

Begitu deh kisah kehamilanku, eh yang tadi mah kisah test gula darah pas hamil yah. hehehe

Insya Allah bayinya laki-laki. Insya Allah kami namai dia Abdullah. Asiyah juga udah sering diajarin bilang Abdullah, trus dia udah bisa hahahaha. Abdullah udah hampir satu kilo beratnya diperut Ummi ya..... sehat ya anak solehku insya Allah. Karena belum lahir ke duniapun, Abdullah tetap anak Aba dan Ummi yaa.. karena ruh sudah ditiupkan padamu di hari ke 120. hehehehe sampai jumpa Abdullah insya Allah. aaamiiin Allahumma aaamiiin

No comments:

Post a Comment