Tuesday, October 11, 2016

Asiyah dan Toilet Training

Saya sudah cerita belum ya tentang toilet training nya Asiyah? Sebenernya..... ini adalah salah satu hal yang bikin galau Ummi nya Asiyah yang lagi hamil gede. Hahahah kenapa? Karena.......... with this big belly i have to lift Asiyah up and down mulai angkat Asiyah dari Potty ke toilet, dari toilet turun ke bawah. Hahahah belum lagi ada bagian bagian bocor dan pel-pel.

Alhamdulillah 'ala kulli hal.......

Saya sudah memulai toilet atau potty training ini sekitar bulan juli tengah lalu, pas Asiyah libur day care sebenarnya. Qodarullahu wa maasyaa 'a fa'al dari waktu tiga minggu Asiyah libur saya baru mulai ketika satu minggu sudah berlalu. Jadilah hanya bersisa dua minggu. Intinya... Asiyah belum lulus potty training.

Asiyah masuk lagi sekitar Agustus awal. Lalu sekitar bulan September, saya lupaa deh awal tengah atau akhir hahahaha pengasuhnya di daycare lapor ke saya, kalau Asiyah sebelum main keluar, karena mereka selalu outing dari sekitar jam 9-11, buang air kecil dulu di potty. Tapi setelah pipis itu popok nya tetap dipakai. Naaah terus pengasuh-pengasuhnya Asiyah bilang lagi, kalau misalnya nanti popoknya pas kita pulang dari outing kosong, kita akan coba Asiyah lepas popok pas keluar. hehehe akhirnya waktu itu beneran tiba. Karena saya gak mau maksain pengasuhnya dengan nambah kerjaan mereka pas setelah libur kemarin untuk lanjut potty training. Karena Asiyah nya juga nampaknya belom paham-paham amat dan dia masiiiih takut sama yang namanya poop di potty. Kayak horror gitu lho. Walaupun begitu saya tetap cerita ajaa gitu sama pengasuhnya kalau Asiyah memang pernah saya toilet training tapi belum berhasil dengan sedikit harapan ibu-ibu pengasuhnya mau nerusin,tapi ternyata engga. Hehehe mereka realistis aja sih kayaknya, liat perkembangan anaknya, kalau kira-kira anaknya sudah menunjukkan keingjnan untuk lepas popok yaaa nanti mereka bener-bener bantu juga. And ifeelit right now. Mereka support banget. Karena pas saya bilang iya nih Asiyah belum bisa kayaknya, terus mereka bilang "yaaa Asiyah kan baruuuu aja 2 tahun. Ada anak umur 3 tahun belum mau buat pipis di potty". Saya pikir ada benernya juga, walaupun dalam hati "ini kan bisa diajaaaariiiin, bisa disituasikan". Tapi berasa juga sih once the children are ready to be trained, progressnya memang cepet dan kita sebagai ibu ga keliatan ngoyo-ngoyo banget. Yaaa itu tadi pikiran yang realistis aja. Tapi sebenernya saya lebih prefer "bisa diajarin" dan "bisa disituasikan", walaupun ngoyo dan pastinya capek tapi anak-anak itu kepinterannya bisa dibilang beyond our imaginatikn and expectation. Jadiiii ga ada salahnya ibu nya lebih capek sedikit. Malah ada yang sudah biasain anaknya umur 8 bulan untuk poop di wc, jadiii pas dah mulai tanda-tanda poop, langsung deh diajak poop diatas wc, hehehe.
Pas liburan itu metode yang saya pakai adalah nanyain setiap 15 menit sekali ke Asiyah buat pipis. Cara ini gak bagus kayaknya buat Asiyah hihihi awalnya dia excited lama-lama mungkin merasa annoyed karena lagi asyik main ditanya, "Asiyah mau pipis?". Nah kalau yang sekaraang saya pakai methode satu jam sekali antar Asiyah pipis. Sifatnya gak nanya "Asiyah mau pipis enggak?" tapi "Asiyah ayo pipis".

Methode menggiring Asiyah satu jam sekali ini bener-bener pas buat Asiyah. Karena setiap di anter dia pasti pipis. Sampai minggu lalu (awal Oktober ) yang namanya bocor pastiiii banget. Dan untuk poop masiiiiiih takut hahahaha kalau dia udah kasih tanda-tanda mukanya ngeden kan keliatan yaaa sama saya, pasti dia langsung geleng-geleng trus bilang "Asiyah alleine", "Asiyah sendiri aja". Gak mau diganggu karena dia paham pasti saya ngajak ke kamar mandi hehehehe

Alhamdulillaaaaaaah weekend kemarin antara hari jumat atau sabtu atau minggu, Asiyah sudah mauuuu poop di potty. Sebenernyaaaa Asiyah pernah sekali poop di potty tapi itu kayaknya udah gak tahan banget dan gak sengaja hahaha karena setelahnya takut aja poop di potty atau memang lebih nyaman posisi berdiri hahaha. Yak, Asiyah udah mau poop di potty , masya Allaaah saya seneeeng banget donk bukan maiiin alhamdulillaaah. Hehehe tapi kalau baru sekali tuh rasanya belum yakin banget kalau Asiyah beneran mau..... tapi alhamdulillaaaah ada yang kedua, ketiga kali dan sampai hari ini jugaa hehehehe..... legaaaa masya Allah rasanya. Belum lagi mulai weekend kemarin dia udah minta pipiis, kalau mau pipis bilang. Pas bobo siang popoknya beberapa kali kering, popok pas tidur malam juga pernah kering atau cuma kepakai sedikit, alias gak banyak pipisnya dan bangun tidur pagi juga minta pipis hehehehe

Toilet training is also a life processs yah,ternyata.... hehhehe diajarin lagi sama anak kecil 2 tahun supaya sabar karena ga ada yang instan. Hihihih

Karena sempat dibenak saya karena baca beberapa artikel, ada anak-anak yang berhasil toilet training kurang dari seminggu. Jadi betapa polosnya otak ini nyama-nyamain ke anak sendiri padahal perkembangan setiap anak berbeda. Lagipula semakin menantang ngurus anak, semakin capek disitulah ibu nya semakin belajar. Belajar sabar hehehe belajar sabar emang ga ada habisnyaaa yaaaaa ibu-ibuuuuu..........

No comments:

Post a Comment