Monday, July 12, 2021

Maryam Rahimahullah

"Bismillah...

Maryam is our third born. She was born normally when I reached my 27 weeks of pregnancy. She was forcely to be born when we know that she has no more heartbeat when she still on my belly. I was shock and cried along the way we went home.

and then my husband told me :
"do we have to feel sad?" emang harus ya sedih? kok abang malah inget cerita yang kalau anak meninggal kita harus baca alhamdulillah. Dan saya pun nyengir walau dalam hati tetap getir. Memang kalau dipikir-pikir lagi... memang sepertinya keadaan ini adalah yang terbaik untuk kami berempat.

Untuk saya sendiri, saya sadar harus membenahi lagi hubungan baik dengan anak-anakku Asiyah dan Abdullah. Bukan berarti kemarin-kemarin gak baik juga sih... tapi kebayang kan, dengan mereka yang lagi aktif-aktif nya, terus saya hamil. Keadaan emosi yang naik turun belum lagi dengan kondisi fisik yang secara gak disadari juga mulai kepayahan.. gak jarang mereka cuma asyik main berdua karena saya istirahat sebentar atau ngerjain pekerjaan rumah yang mesti banget dicicil jadi kesannya gak punya banyak waktuuu untuk mereka berdua. 

Dan dari sisi lainnya yang gak bisa saya ceritain disini, masyaAllah banget kalau memang Allah menakdirkan Maryam lahir dengan sehat selamat, berarti akan Allah cukupkan semuanya. Cukupkan rezeki waktu, rezeki umur, materi dan lain-lainnya.

Qodarulloh wa maasyaa a fa'al Maryam lahir sebelum waktunya karena Hydrops Fetal yang ia miliki ketika masih di dalam kandunganku. Banyak cairan di tubuhnya, menyebabkan organ-organ dalam badannya pun tidak berkembang dengan sempurna. Penyebab hydrops fetal ini sendiri pun banyak, bisa karena virus, genetic dan metabolic disorders. bisa di googling deh kalau ini. dan sebenernya untuk kasusnya Maryam, gak ketahuan sih kenapanya..... dan kata dokter Hydrops fetal ini bukan karena asupan ibu yang kurang. Because i was questioning my self apa saya makannya gak bener, tp kayaknya makan normal plus udah minum vitamin segala..."

Tulisan ini terhenti di kalimat terakhir paragraf di atas sampai akhirnya tanggal 12 Juli 2021 ini saya edit kembali. heheh

MasyaAllah Maryam. semoga kita bisa ketemu lagi ya naak nanti. kumpul sama kakak, abang dan adik juga Aba dan Ummi. 

Semua hal yang terasa berat ketika awal menjalani. Namun setelah terlewati akan terasa "teranyata bisa terlewati ya..." biidznillah. 

Dulu pas USG dan dijelaskan dokter kalau Maryam sudah gak ada detaknya lagi, rasanya sedih banget kan ya. Tapi pas hari H lahiran masyaAllah, Allah kuatkan. Proses melahirkan kedua gak sama suami. Bedanya pas Maryam buanyakkk banget suster dan bidannya gak tau kenapa. Mungkin mereka kasihan kali ya ini ibu hamil gak ada suami yang dampingin. Padahal Abang 30-40 menit sebelum lahiran masih di RS nungguin. Tapi karena udah mau makan siang, saya minta Abang pulang untuk beliin Bunda sama anak-anak makan. Kok disuruh pulang? soalnya mules nya belum signifikan banget waktu itu. Iya, Maryam dilahirkan normally gak dioperasi alhamdulillah. Saya diinduksi pakai balon kateter. Jadi jalan lahirnya di stimulasih untuk membuka perlahan. alhamdulillah banget Maryam lahirnya mudah, presentasi kaki, masih mungkin ya karena hanya 500 gram beratnya. 

Kali kedua melahirkan tanpa Abang. Dulu pas Abdullah lahir juga gak sama Abang. Abang jagain Asiyah. Kami sampai rumah sakit, perut tuh udah muleeeess banget. Rasanya mau terbang aja. Sendirian ke lantai satu Rumah Sakit karena Abang harus parkir mobil yang kami sewa. ahahahahah masyaaAllaah. Semuaa pertolongan Allah aja deh. Sampai di lantai 1, di stasiun melahirkannya, pas laporan "duh saya udah gak kuat lagi nih.." dengan bahasa jermankuuu yang dibumbui kepanikan dan nahan rasa sakit yang teramat sangat hihi. Bidan yang ketemuin saya waktu itu bilang "okei kita tetap harus CTG dulu ya..." huhahahaha 

Akhirnya di CTG di ruang bersalin. Dan pas lihat hasil CTG nya dan periksa pembukaan berapa, langsung deh bidannya bilang "okei, kalau sudah mules boleh push yaaa". WAIT! Langsung kepikiran dokter yang jaga apa masih dokter yang semalem? karena dokter yang semalam itu laki-laki... tapi tetap bilang ke bidan "tapi saya mau dokter perempuan ya". Alhamdulillah bidannya kooperatif banget dan gak bete gitu kita minta dokter perempuan. Akhirnya yaAllah alhamdulillah, dateng deh dokter cantik yang sebelumnya saya pernah ketemu di rumah sakit ini karena cek kandungan juga. Sueneng banget! 

Melahirkan Abdullah yang hanya ditemani satu bidan dan satu dokter. Bertigaan aja kami masyaAllaah. Proses melahirkannya 30 menit. Kayaknya ini termasuk lama ya? soalnya seperti Asiyah dulu, udah abis energinya di push pas kontraksi. hahaaha. Tapi seseneng itu dapat dokter dan bidan yang baik. Pas udahannya dokternya "Sie sind wie ein Profi"- "anda udah profesional banget" masyaAllah dan beliau ngeh pernah ketemu saya sebelumnya donk... seneng ya? banget! kata bidannya pas terakhir "gak nyangka loh, anda masih bisa jalan ke stasiun ini. Lain kali bisa deh melahirkan di rumah".. nyengir ajaaa yaaa yaAllaaah alhamdulillah!´alhamdulillaah!!! semua Allah yang tolong....

Pas telfon abang "gimana? masih di CTG?", "engga bang... abdulllah nya udah lahir"
masyaAllah

kan.... jadi cerita lahiran Abdullah. Memories banget deh emang yaa melahirkan tuh. masyaAllah

intinya. Allah selalu bantuin kita selama kita mau dibantu sama Allah. Semua sakit, lelah, rasa payah... bisa gak berasa kalau Allah yang bantuin. Cuma Allah yang bisa bantu, entah bagaimana caranya kemudahan itu datang. Cuma Allah yang tau rahasianya apa. Cuma Allah aja...

Bogor
12 Juli 2021 

No comments:

Post a Comment