Saturday, May 24, 2014

UMMIUMMI.COM

Saya baru nemu website ciamik syarat ilmu insyaa Allaah, akibat gak sengaja nge-klik karena nama websitenya yang menurut saya..kece. Nama websitenya ummiummi.com ...

Isi websitenya menarik, banyak ilmu-ilmu bermanfaat buat para ibu dan calon ibu. Insyaa Allaah setiap muslimah akan jadi calon ibu, ya? Jadi yang belum menikahpun gak ada salahnya kalau mau mampir ke website ini. Jadi ketika menikah udah ada bayangan seperti apa. Hehe

Pas baru nemu website ini saya gak langsung klik "Tentang ummiummi.com" tapi langsung meng-klak-klik beberapa artikel yang dari judul emang bikin kepingin buka pagenya. Hehehe Naah pas saya baca "tentang ummiummi.com" ada satu paragraf yang bikin saya nyengir, bahagia. Izin di copy paste yaaa admin ummiummi.com

"Berkarier sebagai ibu rumah tangga merupakan sebuah pilihan yang paling utama untuk seorang muslimah. Bukan hanya soal dapur, sapu, pel, dan sabun cuci. Bukan hanya soal perut kenyang dan anak senyap. Bukan soal menyelesaikan tumpukan PR anak dari sekolah. Namun, banyak pernik kecil dalam keseharian kita yang sebenarnya bisa berubah istimewa jika dilakoni dengan cara yang berbeda. Berbeda karena kita seorang muslimah. Berbeda pada niat yang ada dalam hati kita. Berbeda pada tujuan akhir kita. Berbeda dari cara kita mendidik generasi selanjutnya dari umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam".

Memang setelah menikah saya akui kegiatan saya terbatas. Kadang setelah minta izin, saya menimbang nimbang perlukah saya pergi keluar? Atau.. kira-kira kalau saya keluar suami saya ridho gak ya? Walaupun kadang setelah saya bertanya boleh atau tidak nya saya pergi, saya mendapatkan jawaban dibolehkan, tapi tetap saja.. Pertimbangan itu tetap ada. Pun itu berkaitan dengan pergi dengan teman untuk sekedar silaturrahim atau ke masjid dan tidak terkecuali untuk kegiatan-kegiatan wajib saya semisal kuliah atau kegiatan sore hari yang masih saya lakukan, saya tetap mengkalkulasi kira-kira sampai jam berapa saya di rumah. Kepinginnya saya sudah di rumah ketika nanti setibanya suami di rumah.

Terkesan kayak ngumpet ya? Atau gak berkegiatan? Insya Allah saya masih pergi kesana kemari untuk sekedar bersosialisasi, tapi ya itu ada pertimbangan perlu tidaknya. Seperlu itu kah? atau masih bisa dicari hari lain? Karena memang tanggung jawab saya sudah berbeda. Bukan maksudnya jadi kurang asik kayak dulu masih lajang, tapi saya juga ingin menghargai suami yang sebenarnya di luar banting tulang cari nafkah plus setengah mati menjaga saya buat menepati janjinya ketika ijab qabul itu terucap.

Islam pun ajarkan koridor-koridor seorang muslimah. Kewajiban utama seorang istri adalah suaminya, hal ini juga terkait dengan ketaatan kita terhadap Allah dan Rasul karena taat kepada suami juga perintah Allah.

Even itu harus ke kajian sekalipun dan suami saya bilang gak boleh pergi... insya Allah saya gak pergi, karena saya yakin suami saya bilang gak boleh pasti ada alasannya. Kecuali gak dibolehin sholat yaaa itu mah udah ga taat sama Allah.

Saya ada dengar kajian sunnah khusus muslimah, Ustadznya bilang kurang lebih begini,
"Ibu masak buat suami buat anak, shodaqoh. Ibu merapikan kamar supaya betah dirumah, shodaqoh. Amal sholeh itu bukan cuma sholat atau dzikir". Karena amal sholeh yang paling agung adalah melayani suami. Kebayang gak kita punya semisal yang bantu-bantu di rumah empat orang, misal dengan niatan supaya bisa pergi ke kajian sana sini. Padahal dengan demikian kita kehilangan pahala memasak, pahala beberes rumah, pahala jagain anak, semuanya di gondol sama yang bantu-bantu rumah. Hehehehe.. kira-kira itu penjelasan lanjutan dari Ustadznya. (buat dengar kajian sunnah tersebut bisa di klik di SINI.

Saya bisa bilang begini mungkin karena status saya masih mahasiswa ya.. Yang semester ini cuma dapet jadwal kuliah satu hari aja seminggu, jadi istilahnya udah lumayan jadi Ibu Rumah Tangga. Saya gak tau apa yang terjadi nanti ketika saya dapat kerja, atau kuliah saya full lagi. Akankah saya bisa memanage waktu dan mempertahankan gelar jadi Ibu Rumah Tangga. Wong yang sekarang ini aja masih adaptasi banget kok... Masih belum mahir nyesuain ritme waktu. Eh tau-tau bahan makanan abis padahal saya mesti kesana kemari atau eeeeh saya telat masak padahal suami mesti di bekali sesuatu buat kerjanya.

Nah kan.. hehehehe

Intinya sih belajar terus ya.. Belajar jadi istri yang disayang Allah dan suami. Meski aral melintang, meski orang-orang bilang kita kuper, insya Allah kalau buat taat sama suami, silaturrahiim sama teman-teman handai taulan juga insya Allaah ada waktunya. Dan suami pasti tau, kalau kegiatannya baik, gak mungkin serta merta gak dikasih izin kan?

2 comments:

  1. INI JLEB BANGET DIHATIKU !!! >>>> "Ibu masak buat suami buat anak, shodaqoh. Ibu merapikan kamar supaya betah dirumah, shodaqoh. Amal sholeh itu bukan cuma sholat atau dzikir". Karena amal sholeh yang paling agung adalah melayani suami. Kebayang gak kita punya semisal yang bantu-bantu di rumah empat orang, misal dengan niatan supaya bisa pergi ke kajian sana sini. Padahal dengan demikian kita kehilangan pahala memasak, pahala beberes rumah, pahala jagain anak, semuanya di gondol sama yang bantu-bantu rumah. Hehehehe.. kira-kira itu penjelasan lanjutan dari Ustadznya. (buat dengar kajian sunnah tersebut bisa di klik di SINI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jleb banget jugaa buatku pas denger.. secara pas hamil kapasitas fisik berkurang, mood juga jadi gak keruan, jadilah kadang ladang pahalanya jadi dikesampingkan. mesti banyak diingetin biar on lagi trus bergerak badan kaki dan tangan.. hehehehe :)

      Delete