Wednesday, May 11, 2016

galau sapih

I really am now on the stage of galau about to stop nursing asiyah. Because of a condition which i can not write here down yet karena masih belum yakin..... plus belakangan naik turun emosi pas lagi menyusui atau lebih tepatnya naik turun emosi secara overall yang memberi efek ke kegiatan menyusui. I feel hurt physically. I know there are many more mothers feel this even faster than me, i mean once your baby got teeth..... and babies are babies, they doesn't realize that it will be hurt their mother when they bite while their get mommy's milk. Asiyah termasuk yang lambat tumbuh gigi, baru sekitar hampir satu tahun giginya tumbuh. Alhamdulillah because i've tried those baby led weaning method, or finger food method back then, she can chew the food except meats. Gak tau karena gak suka rasanya atau simply karena susah aja ngunyah daging kan.... but i think it's because of the taste, she doesn't know yet how heavenly the taste of meat hihihihi

I nurse her not so often since she goes to day care. Only then when she got home, or when she goes to bed at night or... on the weekend when she takes a nap. Biasanya Asiyah kalau malam masih suka bangun. Dan sudah jadi kebiasaan kalau Asiyah bangun, langsung saya susuin, jadi fungsi nya cum asebagai empeng and then she is back to sleep. Kadang sepanjang malam, kadang cuma dua kali. tergantung keadaan aja, cause babies are unpredictable right? hehehe

Sekarang, saya coba untuk gak nyusuin Asiyah kalau pas Asiyah bangun tengah malam. Saya coba elus-elus. It works most of the time, tapiiii kadang gak bisa aja gitu cuma dielus atau gendong. Kayaknya dia maunya tiduran tapi sambil nyusu, jd digendong wont do apalagi cuma di elus. Hehehehe kayak semalem, dia nangis kenceeeeeeeeeeeeeeeng banget pas kebetulan saya nya kebelet pipis jadilah setelah saya coba elus-elus Asiyah tapi gak berhasil, saya ke kamar mandi. Pas saya mau balik ke kamar, saya denger Asiyah udah berhenti nangis hehe kirain udah di elus Aba nya... tapi ternyata dia berenti sendiri, capek kali ya? tapi pas saya ngintip, dia liat saya, nangiiiiiis lagi dong kenceng, hehehe but this time she would to be hold :) alhamdulillah. jadiii saya gendong sampe kira-kira dia udah pules, trus saya ikutan tiduran juga sambil asiyah tetep di dada saya.... trus dia gak bangun lagi sampe pagi. :) Paginya.... karena gak tega, saya susuin pas Asiyah bangun minta. Padahal biarin aja ya dia bangun, tapi dianya nangissss hahaha somehow gak siap denger tangisan dulu pagi-pagi. kekekeke

Saya gak konsisten ya? I think Asiyah will confuse... tapi saya kira pelan-pelan. Mudah-mudahan caranya gak salah. Karena memang bangun malem buat nana itu kan baiknya di stop.. gak bagus buat giginya, plus sebenernya dia bisa tidur sepanjang malem tanpa bangun.

Saya baru sadar kalau menyusui itu bukan hal yang mudah. Mudah dalam artian bukan hanya susu yang lancaaar keluar, tapi juga kesabaran ibu, cara ibu mengendalikan hawa nafsu nya buat gak marah atau sebel ketika masa-masa sulit datang. Ya Allah tolong mudahkan.....

Benar adanya kayak yang Allah bilang di surat Luqman ayat 14..
"hamalathu ummuhu wahnan 'alaa wahnin" ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah. "wa fishooluhu fii 'aamain...." dan menyapihnya dalam dua tahun.

See? it isn't 2 years yet.. padahal rencananya pas lagi bulan puasa baru mulai nyapih, jadi 5 syawal Asiyah dah gak nana lagi... tapi alhamdulillah 'alaaa kullihaal something comes up jadi bikin Ummi nya ups and downs dan adak efeknya kalau masih nyusuin Asiyah. huhuhu belum relaaa

Mudah-mudahan Allah tuntun supaya melewati galau ini. Saya gak tau cara yang terbaiiik mudah-mudahan Allah tunjuki jalan.... Sehat sakit Allah yang punya kehendak. Laa hawlaa wa laa quwwata illa billaaah....

1 comment:

  1. Alhamdulillaah 'alaa kulli haal..
    Peluuk kenceeeeng untuk ummiLiy dan princessku *hugs*

    ReplyDelete