Tuesday, May 17, 2016

Progress sapih dan Hamil lagi

Hamil Lagi

As I write on the previous post last time, it seems quite obvious kalau saya ngasih clue kalau hamil lagi. Hehehe pas nulis waktu itu juga berasa, ini sih kayaknya bakalan ada yang nyadar (as if soo many people who read this thou.... kekekeke kepedean).

Jadi ceritanya beberapa pekan lalu saya test manual sendiri dan hasil strip nya dua. Udah menduga sih.... soalnya telatnya lumayan lama. Tapi saya juga gak expect kalau umur bayi nya selama saya telat datang bulan. Terus.... langkah selanjutnya adalah bikin janji sama dokter, dokter yang sama kayak pas Asiyah dulu. Tempat praktek nya sama, tapi orang yang handle nya mah beda..

Beberapa hari sebelum janjian dokter itu, saya sempet keluar flek darah. Gak banyak, tapi tetep panik. Hahahaha emang sore itu berasanya perut kok sakit. Mikirnya kayaknya cape aja dikit. Pas berdiri berasa kayak ada yang keluar, perasaan udah gak menentu. Hehe. Cek ke kamar mandi ternyata darah. Ini bukan kayak darah pas awal-awal tanda hamil makanya panik. Langsung telfon temen yang kebetulan lagi hamil juga terus dia sempet cerita kemarin pendarahan tapi Alhamdulillah dia dan bayi nya sehat-sehat.. Ibun Mutia namanya. hihihi Sempet juga whatsapp kakak Ryna, my gynakologin Kakak yang waktu hamil Asiyah dulu lumayan nanya-nanyai ini itu karena kalo nanya sama dokter gak bisa pake bahasa indo, kurang bisa curhat gitu hahahaha. Both of them had answered me and i felt relief after that. Katanya normal, asal jangan lebih dari 3 hari, bisa jadi itu penempelan embrio di dinding rahim.

Rasanya exciteeeeed banget mau denger detak jantung bayi nya pas nanti diperiksa. Tapi beneran hamil kali ini rasanya ngambang. Udah tau hamil, seneeeeng tapi ngambang. Dulu pas Asiyah baru pertama kali yah. Jadi kayak apa-apa searching gitu. Kalo sekarang let it flooow banget. Makan apaaa juga di terabas, maksudnya gak banyak pantang kecuali daging yang mentah mah masih serem yah.
Alhamdulillah pas periksa, ada bunderaaan di rahim. Pas nanya dokternya, qodarullohu maasyaa a fa'al, detak jantungnya udah bisa kedengeran belum yah? terus dokternya jawab, dari alat ini sih belum kedengeran yah... dan kalau dari ukurannya kayaknya gak 8 minggu umurnya (karena kalo dari itung-itungan kalender, prediksinya udah 8 minggu). Kalau dari penglihatan sang dokter, bayi nya masih sekitar 5 minggu. Terus asumsi saya 5 minggu masih terlalu kecil buat kedengeran detak jantungnya.. Terus dengan polosnya saya nanya lagi, "hidup gak ya?" terus dokternya jawab, "yaaa ini sih kelihatan banget kalau anda definitiv hamil, tapi buat lebih detailnya masih belum bisa ketahuan" kira-kira gitu deh ya jawabannya. Rasanya makiiiin ngambang. Ya Allaaah emak-emak hamil emang rasanya macem-macem ya. Sebelum pulang dapet janjian lagi tanggal 10 Juni, jadi..... sampai sekarang pun saya masih risau aja gitu rasanya. Berasa masih ngambang, subhanallah. Insya Allah hasil apapun nanti tanggal 10 Juni, diusahakan untuk ikhlas insya Allah. Karena inilah rasanya mau cerita ke orang-orang tuh masih raguuuuuu... tapi akhirnya nulis di sini juga dengan harapan supaya dido'aiiiin.

Progress Sapih Asiyah

Maaasyaaa Allaaaaah. Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillaaaaaah. Saya gak pernah nyangkaaaaa Allah kasih kemudahan banget proses sapih Asiyah. Dulu pas sebelum nyapih rasanya kok kayaknya bakalan susah nih proses sapih nanti, walaupun kalau Asiyah di sapihnya sampai beneran 24 bulan ya... Qodarulloh Asiyah disapihnya harus sebelum 24 bulan. Hihi ini yang terbaiik insya Allaah.

Asiyah kan 5 syawwal, 2 tahun. Jadi rencana awalnya, pas bulan puasa mulai di hypno deh... Misal : "Asiyah gak nana lagi yaa nanti...". Naaah karena kayaknya Asiyah mesti stop asi sebelum 24 bulan, jadi introduction nya cuma hypno-hypno dikit tapi beberapa hari sebelum nyapih saya udah mulai biasain dia pas malem kebangun gak pake nyusu, tapi di elus-elus. Kadang berhasil, kadang mesti digendong dulu. Pas 4 sya'ban kemarin, akhirnya saya memutuskan untuk langsung gak pake nyusu pas mau tidur malem. Nangiiiiis tapi alhamdulillah she did it. huhu kesian deh, tapi saya berasa nya Asiyah itu nangis nya karena......nafsu aja. Maksudnya nafsu, karena itu udah kebiasaan dia, jadi kalau diambil marah atau kayak anak minta permen gak dikasih. Semacam itu, gak lebih. Hari pertama, nangiiiis tapi kayaknya hari itu dia lagi capek ya.... saya nya juga pas mau ngelonin Asiyah bobo tuh udah kayak out of energy gitu. hehehe mungkin keliatan juga kali ya sama Asiyah. Jadi kita berdua sama-sama di kasur dan Asiyah minta dielus punggungnya "ipit-ipit" maksudnya "pijit-pijit". Okeee, alhamdulillah gak ada adegan gendong karena takutnya malah jadi kebiasaan. Ajaibnya lagi saya gak tau gimana Asiyah tidur karena saya udah ketiduran juga hahahaha

Hari kedua. Masih nangis. Tapi masih sama di elus-elus juga. How cuuuute deh kalo diinget-inget. Somehow Asiyah pasrah ajaa gitu.

Hari ketiga, mulai nyadar kalau "nana" gak bakalan dikasih. Masih minta, nangis dikit (seinget saya sih gini) abis itu bobo cepet. Hari selanjutnya sampe sekarang, dia yang bilang sendiri, "nana alle" artinya "nana abis". Saya kasih alasan ke Asiyah nya "abis" aja deh. Soalnya itu yang paling dimengerti nalarnya, sambil kadang-kadang bilang "Asiyah udah gede.... gak nana lagi.... nih ada baby diperut Ummi". Pas denger ada baby sih dia bengong-bengong. hahahah ya iyalah, malah minta liat foto baby di HP emaknya.

Terus sekarang kalau liat Asiyah berasanya beda. "iiiiih dia udah gedeeeeeeeeeee" gitu. Hahahaha dan maaasyaa Allah pas mulai di elus-elus itu pas malam kebangun, besok-besoknya dia tidurnya jadi lebih puuuleeeeesss... Ada kelegaaan tersendiri buat saya nya juga. Hahaha dan saya akui sekali lagiii nyusuin full 2 tahun adalah tidak mudaaaah, subhanallaaah. Dan kalau ngaca ke diri sendiri, i feel the difficulties, hihi malu ih. Pas udah 20 bulanan berasa kayak.... waw mayan juga yah. Maafin Ummi yaa Asiyah. huhuhuu mudah-mudahan i can make it up buat anak-anakku yang lain nanti, biar gimana hak nya tetap 2 tahun walaupun setelah diskusi antara Ibu dan Ayah dan sepakat nyapih, maka gak apa...

Entah kenapa setelah disapih, saya merasa lebih banyak interaksi sama Asiyah sebelum tidur. Entah baca buku, untel-untelan, cuma kalo Asiyah energi nya masih full dia masih lari sana-sini tapi saya tetep di kasur ngasih sinyal ke Asiyah kalo emang udah waktu nya bobo, bukan buat main yang heboh lagi. Pun main, paling main puzzle atau mainan lain yang memungkinkan di bawa ke kasur. Gak pernah nyangka bakalan bacain buku ke anak terus anaknya tau-tau nya tiduuuurrr aja gitu. aaaah seneng banget udah bisa bed time story gini. Oiya, Asiyah masih pake buku-buku yang gambar gitu ya... jadi belom bisa cerita-cerita yang berat-berat kayak cerita nabi atau sahabat, dia emang masih belum keliatan interest kalo diceritain pake kalimat-kalimat panjang. Masih suka yang pake mimik atau yang sifatnya nanya "Asiyah ini gambar apa?" gitu. Jadi kalo mau cerita-cerita yang islami gitu masih buku-buku yang ada gambar solat, wudhu atau gambar-gambar jelas yang lainnya.

Apalagi yah? Oooooh iyah. ngomong-ngomong hamil... ada beberapa yang hamil barengan., maksudnya yang baru-baru gitu minggu kehamilannya. Ibun Mutia, Mba Cizkah, Mba Diana yang sekarang udah di Amerika dan.... sahabatku yang lain yang masih dirahasiain karena permintaan Bumilchen nya. hehehehe

Mba Cizkah hamilnya insya Allah kembarrr.. KEMBAAAAAR MAASYAA ALLAAH. Sama Mba Cizkah ini sebenernya gak kenal yang ketemu gitu. Tau mba Cizkah itu pas nemu website Ummiummi.com. Pas nemu website itu rasanya bahaaaagiaaaaa. Soalnya nemu website buat emak-emak yang isinya insya Allah sesuai sunnah. Terus stalker-stalker, nemuu deh website nya mba Cizkah. Terus karena saya suka sok akrab, saya email-in beliau aja gitu nanya-nanya soal parenting hahahaha jadiii deh kita kenal. Mba Cizkah ini lumayan menginsprasi saya belakangan gara-gara baca blog beliau. Terus tau Mba Cizkah hamil lagi dan insya Allah twins.... jadi ikut seneng dan deg-degan juga. I wish three of them, Ummi and babies stay healthy always sampai twins lahiiir dan seterusnya. Aaamiiin

2 comments:

  1. مَا شَاءَ اللَّهُ
    selamat ya Liyhe, really happy to hear the news, may اللَّهُ bless you and the unborn baby and kep both of you healthy.
    udah menduga-duga pas baca postingan sebelumnya. kekekeke. ayo kalau ngidam. dengan senang hati diriku membuatkanmu makanan. apa aja selama memungkinkan

    love love <3<3<3<3
    dui

    ReplyDelete